Apa itu Reklamasi?

Apa itu Reklamasi
Apa itu Reklamasi?

Belakangan kita sering sekali mendengar istilah reklamasi. Khususnya yang terjadi di Provinsi DKI Jakarta, di pantai Jakarta, Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu. Apa sih yang dimaksut dengan reklamasi? Dan apa sih fungsi reklamasi? Reklamasi daratan atau yang biasanya hanya disebut dengan reklamasi, adalah proses pembuatan daratan baru di atas dasar laut sungai, danau, maupun rawa-rawa.

Reklamasi dilakukan untuk menghasilkan sebuah daratan atau pulau yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari membangun pemukiman membuka lahan pertanian hingga membangun berbagai macam infrastruktur seperti pelabuhan, bandara, hingga taman hiburan. Selain itu, reklamasi juga bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai guna area perairan yang ekosistemnya sudah rusak. Area perairan yang seperti ini bisa saja menjadi target reklamasi dan pulau hasil reklamasinya kemudian dapat dimanfaatkan bagi kepentingan manusia atau dikembangkan menjadi area hutan bakau sehingga ekosistem perairan yang sebelumnya rusak bisa pulih kembali.

Reklamasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling tua adalah teknik polder yang sudah dilakukan oleh orang-orang Belanda sejak ratusan tahun yang lalu. Teknik polder biasanya dilakukan pada wilayah rawa-rawa dengan cara membagi area rawa-rawa menjadi beberapa bagian dengan menggunakan tanggul kemudian mengeringkan air yang ada diantara tanggul-tanggul tersebut dengan menggunakan pompa yang ditenagai oleh kincir angina.

Selain menggunakan teknik polder reklamasi juga dapat dilakukan dengan teknik penimbunan. Reklamasi dengan teknik penimbunan menggunakan material seperti batu dan pasir yang biasanya berasal dari dasar laut. Material-material ini di keruk dengan menggunakan kapal keruk atau disebut juga dengan dredger dan kemudian dibawa ke lokasi reklamasi dan ditimbun di lokasi tersebut. Setelah ditimbun material inipun diratakan dan dipadatkan hingga akhirnya, daratan yang terbentuk dari timbunan material-material tersebut siap dikembangkan menjadi infrastruktur yang bermanfaat bagi kepentingan manusia.

Nah, sekarang udah tau kan apa yang dimaksut dengan reklamasi? Jadi bagaimana menurut pendapat anda mengenai reklamasi di Jakarta?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: