Apa Perbedaan Antara GPS dan Sat Nav?

Perbedaan Antara GPS dan Sat NavKata GPS dan Sat Nav secara bertahap mulai kita dalam kehidupan sehari-hari. Kedua kata ini sering digunakan secara bergantian. Apakah ada perbedaan di antara mereka dan jika ya, apa bedanya?

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System. Ini adalah nama kolektif untuk sekelompok satelit yang mengorbit di sekitar Bumi. Mereka ditempatkan di sana oleh Pemerintah AS beberapa dekade yang lalu dan dibuat tersedia untuk umum sejak pemerintahan Presiden Reagan.

Menggunakan penerima GPS (perangkat kecil yang dapat mengirim dan menerima sinyal dari satelit manapun dalam jangkauan), Anda bisa mendapatkan lokasi akurat Anda. Lokasi ini disediakan sebagai satu set koordinat.

Dengan menggunakan informasi ini dan koordinat tujuan Anda,  penerima GPS dapat ‘memandu’ Anda ke tujuan seperti menggunakan panah kompas. Secara teori, jika Anda memiliki koordinat GPS rumah Anda, dengan menggunakan penerima GPS, Anda dapat menemukan jalan pulang dari bahkan tempat terpencil di dunia.

Penerima GPS telah menjadi barang umum yang dipasang ke banyak perangkat, seperti ponsel Anda atau sistem keamanan di mobil Anda. Banyak ponsel cerdas, seperti iPhone dan Android, memiliki GPS. Jika diizinkan, aplikasi dapat menggunakan informasi ini untuk mengarahkan Anda ke, contoh ke warung makan terdekat. Beberapa kamera digital bahkan memiliki GPS. Kamera ini dapat merekam koordinat di mana foto itu diambil.

Sat Nav (singkatan dari satellite navigation atau navigasi satelit) adalah beberapa perangkat lunak khusus yang menggunakan sinyal GPS. Dibutuhkan koordinat yang disediakan oleh GPS dan menggabungkannya dengan peta yang komprehensif. Kemudian, diberikan tujuan, perangkat lunak Sat Nav akan menghitung rute untuk Anda ke tujuan Anda. Karena sinyal GPS terus diperbarui, sat nav dapat memberi Anda petunjuk langkah demi langkah di mana Anda berada dan kapan Anda perlu berbelok.

TomTom dan Garmin adalah contoh dua merek yang paling terkenal untuk GPS dan peralatan navigasi. TomTom adalah perusahaan Eropa, yang terutama memproduksi perangkat sat nav untuk kendaraan bermotor bersama dengan perangkat lunak untuk smartphone. Garmin, dan perusahaan Amerika, memiliki rangkaian produk yang jauh lebih luas: mulai dari sistem GPS pesawat hingga jam tangan GPS untuk membantu atlet meningkatkan kinerja mereka.

Kedua teknologi ini meningkat dan maju dan akan menarik untuk melihat bagaimana mereka berevolusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: