Keren, Wisata Baru dan Unik di Surabaya Ini Layak Dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal kota pahlawan, Surabaya? Kota ini memiliki sejarah panjang yang turut menjadi saksi perjuangan para pahlawan dan pemuda Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Setelah sekian puluh tahun berlalu, Surabaya yang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Timur ini telah berganti wajah menjadi lebih segar dan menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya karena telah menjadi kota besar, akan tetapi telah banyak objek wisata baru yang juga unik disediakan oleh pemerintah atau dibangun untuk kemudian dapat dinikmati khususnya oleh para warga masyarakat, yang tinggal di Surabaya.

Selain taman bungkul, ada beberapa objek wisata lain yang saat ini menjadi ikon kota Surabaya. Adapun beberapa wisata keren tersebut antara lain:

1. G-Walk

Wisata G-Walk Surabaya
Wisata G-Walk Surabaya

Nama ini bagi masyarakat yang asli tinggal di Surabaya, pasti sudah tidak asing. G-walk merupakan salah satu tempat nyaman sebagai wisata yang letaknya di Surabaya sebelah Barat. Mengusung kuliner sebagai fokus utama, sebenarnya G-walk ini dibangun di kawasan perumahan. Jadi bukan asli wahana wisata. Akan tetapi masyarakat terlanjur mengingat dan menganggap tempat ini sebagai salah satu kawasan wisata kuliner malam hari. Dengan banyaknya ornamen lampu yang memang mengundang para warga untuk berkunjung, membuat tempat ini selalu ramai oleh masyarakat yang sedang mencari kuliner malam untuk mengisi perut atau sekedar jalan-jalan.

2. Taman Pelangi

Wisata Taman Pelangi Surabaya
Wisata Taman Pelangi Surabaya

Taman pelangi adalah salah satu objek wisata baru yang ada di Surabaya. Jika Anda berkunjung ke Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Anda bisa mampir untuk melihat taman pelangi ini, karena jaraknya dengan UIN lumayan dekat. Namun disarankan jika Anda jadi berkunjung, lebih baik pada malam hari, mengingat keunikan taman yang terdiri dari 31 tiang dengan macam-macam warna ini akan bisa dinikmati dan lebih indah ketika malam hari. Hal yang membuat menarik lainnya adalah, tiang-tiang yang ada tidak tersusun tegak, akan tetapi melengkung dan terlihat serupa dengan ruas daun, tentunya dengan ukuran masing-masing yang tidak sama.

3. Jalan Gula

Spot Foto Jalan Gula Surabaya
Spot Foto Jalan Gula Surabaya

Jalan Gula sebenarnya merupakan jalan di gang sempit yang mana pada dua sisinya diapit oleh dua buah bangunan tua yang sudah reot. Jalan Gula ini menjadi viral justru karena dinding bangunan yang sudah lapuk termakan usia dan tidak lagi terawat sehingga nampak sedikit kumuh. Akan tetapi ternyata hal tersebut mendatangkan spot foto atau background yang bagus untuk para instagramable. Makanya jalan Gula ini cepat menjadi viral setelah beberapa foto di instagram yang menggunakan gang ini sebagai spot foto tersebar.

4. Kampung Warna Warni Bulak

kampung warna warni bulak surabaya
kampung warna warni bulak surabaya

Dulunya, kampung Bulak terkenal sebagai salah satu daerah yang kumuh, dengan sungai yang bau dan lain sebagainya. Akan tetapi lewat program peningkatan perekonomian dan kerjasama yang baik dari warga sekitar, akhirnya kampung kumuh tersebut dipermak sedemikian rupa sehingga menjadi kampung warna warni yang menarik minat pengunjung atau wisatawan. Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan warga Bulak, di kampung tersebut terdapat sentra ikan Bulak yang dijual dengan harga cukup tercangkau. Dengan ikut membeli ikan tersebut sebagai oleh-oleh untuk keluarga, Anda sekaligus telah memberikan bantuan kepada warga Bulak untuk meningkatkan taraf perekonomiannya.

5. Depo Lokomotif Surabaya

Spot Foto Depo Lokomotif Surabaya
Spot Foto Depo Lokomotif Surabaya

Wisata yang unik selanjutnya adalah area penyimpanan gerbong kereta api yang sudah lama tidak digunakan. Idenya memang kreatif, membuat sesuatu yang sudah tidak digunakan menjadi wahana wisata bernilai finansial. Akan tetapi jika ketempat ini, pastikan Anda izin kepada petugasnya terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: