Lima Hal Ini Ternyata Khasnya Bulan Ramadhan

bulan ramadhan
bulan ramadhan

Ramadhan adalah momentum yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Di momen ini, banyak hal-hal unik yang secara berulang terjadi dan dinikmati oleh masyarakat, baik muslim maupun nonmuslim. Dari awal memasuki bulan ramadhan sampai di akhir bulan, masyarakat akan berbondong-bondong melakukan beberapa kegiatan yang memang hanya bisa dilakukan ketika bulan suci ini datang. Setidaknya ada tiga hal yag khas sekali dengan bulan ramadhan, utamanya di Indonesia. adapun tiga hal tersebut antara lain:

1. Ngabuburit
Istilah ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Biasanya remaja-remaja akan mulai melakukan aktifitas ngabuburit ketika waktu sore tiba, mulai dari jam tiga sore sampai menjelang waktu buka puasa. Ngabuburit ini sangat khas dilakukan ketika ramadhan menjelang. Ini juga bisa menjadi salah satu hal unik yang masuk ke dalam list kegiatan Anda. Ngabuburit sendiri merupakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam bentuk apapun untuk mengisi waktu luang sembari menunggu waktu berbuka. Di masa dulu, sebelum gawai hadir di tengah-tengah masyarakat, para anak muda akan menghabiskan waktu dengan ngabuburit di surau atau berkumpul dalam majlis sembari mendengarkan petuah dari sang guru.

Akan tetapi saat ini, ketika zaman semakin modern, kebanyakan waktu ngabuburit dihabiskan di depan layar gawai. Bahkan sampai ada yang tidak memedulikan orang-orang disekitarnya. Namun di lain sisi, ternyata ada juga para pemuda yang masih menyempatkan mengisi waktu ngabuburit dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti memberi santunan kepada anak yatim atau juga kepada para kaum fakir miskin, berkumpul bersama komunitas untuk berdiskusi, atau melakukan kegiatan-kegiatan lain secara bersama-sama, termasuk jalan-jalan. Pada intinya, masih ada di antara Anda yang meluangkan waktu padatnya untuk ngabuburit.

2. Buka Bersama (Bukber)
Masih ada kaitannya dengan ngabuburit. Nah, salah satu hal yang paling sering dilakukan untuk mengisi bulan suci ramadhan adalah dengan bersilaturrahmi dengan kawan-kawan lama dan juga kawan baru. Tentunya kumpul saja tidak cukup, maka ada hal yang harus dilakukan, yakni buka bersama. Kegiatan ini bahkan seperti agenda yang wajib ada ketika ramadhan tiba. Jika tanpa buka bersama atau yang biasa disingkat bukber, maka ramadhan justru kurang lengkap. Padahal tidak ada kaitannya antara ramadhan dan bukber. Namun, inilah yang membuat ramadhan menjadi lebih berkesan, mengingat dengan bukber ini, kawan-kawan lama yang sangat jarang bertemu akan dapat berkumpul dalam satu forum.

3. Takjil
Takjil adalah makanan atau jajanan yang biasanya diburu ketika sedang ngabuburit. Biasanya takjil ini identik dengan kolak pisang, bubur kacang hijau, es buah, dan panganan yang bisa digunakan untuk membatalkan puasa alias yang manis-manis, termasuk di dalamnya es teh manis. Uniknya, istilah takjil ini hanya ada dalam bulan ramadhan, dan tidak digunakan di bulan-bulan lain.

4. Ketupat
Hal unik yang tidak bisa dilupakan ketika ramadhan adalah, hampir semua rumah menyediakan ketupat untuk menyambut hari kemenangan. Setiap hari kedelapan syawal, orang-orang akan berbondong-bondong membuat ketupan. Sebagaimana di daerah Trenggalek, terdapat arak-arakan ketupan yang nantinya dibagikan secara gratis kepada warga sekitar.

5. Mudik
Mudik memang sudah sering dilakukan oleh setiap orang yang berada jauh dari rumah untuk kembali pulang melepas rindu dengan keluarga, akan tetapi mudik massal dengan barang bawaan yang sangat banyak ketika ramadhan seringkali menimbulkan kekhasan tersendiri.

One thought on “Lima Hal Ini Ternyata Khasnya Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: