Minuman-minuman Ini Siap Temani Saat Sahur Kamu

Minuman sahur teh hangat
Teh Hangat

Salah satu hal unik yang terjadi pada saat bulan ramadhan adalah Anda harus bangun pagi untuk menunaikan ibadah sunnah yakni sahur. Sahur memang tidak diwajibkan, atau Anda boleh tidak sahur selama hal tersebut tetap membuat Anda kuat menjalankan ibadah puasa selama satu hari full. Akan tetapi jika tidak kuat, maka dianjurkan bagi Anda untuk sahur. Adapun menu sahur yang cocok untuk Anda tentu berbeda-beda antar orang. Yang jelas menu tersebut haruslah dapat memberikan stamina yang cukup bagi Anda, tidak membuat Anda lemas.

Dalam mendukung aktivitas Anda selama berpuasa, makan sahur dengan menu berat saja tidak cukup. Perlu juga kiranya menambah makanan tersebut dengan minuman-minuman yang tidak terlalu mengenyangkan, akan tetapi memiliki nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di sini ada beberapa minuman pendamping makanan yang bisa Anda coba buat di rumah dengan mudah. Minuman-minuman tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Air Putih
Minuman yang satu ini tidak perlu repot-repot Anda buat. Air mineral memang mengandung banyak manfaat bagi tubuh, selain untuk menambah ion tubuh. Dengan rutin mengonsumsi air putih, tubuh akan terlihat lebih segar, tidak kering, tidak gampang terserang virus, dan lain sebagainya. Namun yang perlu diingat, meminum air putih tidak perlu banyak-banyak. meskipun dianjurkan dua liter, sebenarnya kadar yang diperlukan oleh masing-masing tubuh berbeda-beda.yang jelas selama berpuasa, usahakan untuk tetap meminum air putih agar kelembaban tubuh tetap terjaga. Jika kelembaban terjaga, maka penuaan dini juga dapat dicegah secara mudah.

2. Teh Hangat
Meskipun sebenarnya meminum teh manis tidak boleh terlalu sering, namun minuman ini bisa jadi salah satu tambahan stamina untuk puasa. Jika diminum ketika sahur, maka selama puasa bisa dipastikan stamina tubuh tetap dalam keadaan yang fit, alias teh manis hangat ini bisa membantu untuk tidak lemas ketika menjalankan ibadah wajib atau puasa. Usahakan menakar gula dalam segelas teh hangat tidak terlalu banyak, mengingat kandungan glukosa dalam gula setara dengan yang ada dalam karbohidrat, jadi jika terlalu banyak juga sama sekali tidak dianjurkan.

3. Susu
Minuman ketika yang bisa dengan mudah Anda buat di rumah adalah susu putih. Dengan kandungan protein dan lemak yang dimilikinya, minuman ini dapat menjadi teman setia Anda dalam menjalankan ibadah berpuasa. Kandungan lemak yang ada pada susu memang dipercaya mampu jadi salah satu sumber energi. Jadi selain protein yang mampu membantu tubuh menjalani proses regenerasi, lemak yang dikandung susu juga dapat bermanfaat banyak bagi keberlangsungan puasa Anda. apalagi untuk anak-anak saat puasa-puasa pertama, perlu tambahan energy yang lebih, sehingga susu ini sangat cocok diberikan untuk teman makan sahur di rumah.

4. Jus Buah
Minuman selanjutnya adalah jus. Sebagaimana yang kita percayai bersama bahwa buah mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, kandungan serat yang cukup banyak juga menambah kenyang klebih lama. Sangat disarankan ketika Anda tengah sahur, Anda juga mengonsumsi buah-buahan seperti apel, pisang, atau juga papaya. Selain itu, kandungan air dalam buah-buahan tersebut juga membantu kulit tetap lembab dan sehat.

Itulah minuman-minuman yang bisa Anda coba buat di rumah untuk menjaga stamina tetap fit selama berpuasa seharian penuh. Jangan sampai puasa Anda terganggu hanya gara-gara kekurangan serat atau nutrisi, sehingga puasa tidak bisa sampai full satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: