Terapi apa yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi batuk?

terapi batuk
Batuk

Bagi anda yang mengalami batuk, bagi anak-anak anda yang mengalami batuk, anda bisa melakukan terapi-terapi berikut ini di rumah.

Pola makan / diet.

Makanlah makanan yang kaya karbohidrat, rendah lemak, dan protein yang cukup. Makanlah sayuran hijau seperti kol. Baik kol yang hijau ataupun yang merah dapat anda konsumsi. Kemudian seledri, lobak Daikon, bawang putih, jamur kancing,bawang bombay, bawang prei, rumput laut, apel, pisang, jeruk bali, jeruk, pir, persik, kacang almond dan madu. Hindarilah makanan-makanan yang meningkatkan produksi lendir atau mucus.  Termasuk segala jenis produk olahan susu.

Beberapa produk olahan susu termasuk es krim. Dan makanan-makanan yang dingin, makanan yang terlalu manis atau makanan yang mengandung tinggi gula juga harus anda hindari.  Makanan-makanan yang mengandung tepung-tepungan dan minuman bersoda juga harus anda hindari selama proses penyembuhan.

Yang dapat anda lakukan di rumah apabila anda mengalami batuk kering, yaitu cincanglah : 1 kol hijau, 1 kol merah, 1 iris buah pir, lalu rebuslah dengan 6 gelas air selama 30 menit.  Lalu saring dan minumlah kaldu (air rebusan) ini 3 kali sehari.

Untuk anda yang mengalami batuk dengan dahak kuning yang susah dikeluarkan, caranya adalah buatlah jus dari : 1 buah lobak Daikon dan tambahkan dengan air rebusan kacang almond/kacang chestnut. Hangatkan jus tersebut.  Ingat, jangan memakai es, gula maupun susu. Karena susu dan gula dapat meningkatkan produksi mucus.  Kemudian, tambahkan dengan 1 sendok teh madu. Minumlah jus ini 3 kali sehari hingga lendir anda kembali menjadi bening dan batuk anda membaik.

Untuk anda yang mengalami batuk berdahak, rebuslah 2 buah jeruk dengan kulitnya ke dalam 4 gelas air selama 30 menit, lalu minumlah ramuan ini 3 kali sehari.  Anda juga dapat mengupas dan memakan jeruk tersebut.

Untuk anda yang mengalami batuk berdahak kronis atau batuk berdahak jangka panjang, rebuslah 20 biji jeruk bali dan 1 sendok teh biji mustard ke dalam setengah gelas air selama 10 menit. Saringlah, lalu tambahkan 1 sendok teh madu.  Minumlah ramuan ini 3 kali sehari hingga batuk anda mereda.

Bagi anda yang mengalami batuk disertai dengan radang tenggorokan/pilek, anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C dan echinacea.  Dimana suplemen ini dapat meningkatkan sistem imun anda.  Kemudian, anda juga dapat menggunakan essential oil.  Anda boleh mengkombinasikan 3 jenis essential oil.  Yaitu peppermint, eucalyptus, dan lemon. Caranya adalah dengan menggunakan essential oil burner, lalu hirup uapnya kurang lebih 5-10 menit. Lakukan 2 kali sehari.  Dan lakukanlah hingga batuk anda membaik.

Hal-hal yang perlu anda hindari.  

Alkohol, rokok, dan kafein, ini semua dapat memperburuk kondisi batuk anda. Stress, cemas yang berlebih, dan gejolak emosional juga dapat memperburuk batuk.  Anda perlu mengingat ini. Terpapar udara yang dingin juga dapat mempengaruhi kinerja bronkus. Bronkus anda akan menyempit sehingga memperburuk kondisi batuk anda. Oke, jadi ini semua adalah terapi atau langkah-langkah yang dapat anda lakukan di rumah. Semoga langkah-langkah ini dapat membantu anda yang sedang mengalami batuk parah.

Semoga anda yang menderita batuk dapat segera sembuh. Semoga artikel ini berikan dapat menambah wawasan anda di bidang kesehatan dan gaya hidup. Jika anda menyukai artikel ini, anda silhakan klik dan share kepada teman-teman anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: